Membuat alat pendeteksi hantu Elektronika

Assalamualaikum wr. wb

sudah lama saya tidak update. Oke kali ini kita akan membuat alat pendeteksi hantu [elektronik]

Bahan yang harus anda siapkan adalah:

1.transistor efek medan MOSFET, Tr1: misal jenis VN10LM atau semacam transistor efek medan.
2. Diode pemancar cahaya, LED1:jenis apa saja.

3. Hambatan nilai-tetap, R1: berukuran sekitar 100Ω, 1/4 wat.
4. Sakelar nyala padam (on/off), SW1: satu-kutub, buanga-tunggal (single-pole, single-throw).
5. Tambahan: balok terminal; kawat penyekat sepanjang 0,5m sebagai 'antena'; kabel penghubung berukuran pendek untuk penyambung papan terminal, obeng kecil; baterai 9V, B1, dan tenol.

dan ini rangkaian nya:
berburu-hantu.jpg

Penjelasan & cara kerja;
Sebagaimana di jelaskan pada proyek ini, listrik statis adalah kejadian alam yang sebagian besar terlihat dalam bentuk kilatan petir, percikan pada pakaian saat dikenakan atau dilepas, dan kejutan listrik kecil yang dirasakan saat menyentuh pintu mobil. Terlebih lagi, proyek ini akan merasakan medan listrik yang menurut orang berhubungan dengan dunia gaib. Kegiatan ini mendeteksi medan listrik yang berhubungan dengan contoh-contoh listrik statis tersebut. Rangkaian ini sangat peka, sehingga membuat Diode pemancar cahaya berkedip saat ia mendeteksi perubahan medan listrik saat kalian menyisir rambut dari jarak beberapa meter.

Rangkaian yang di tunjukan pada gambar di atas sangat aman untuk digunakan karena menggunakan tenaga baterai 9V. Rangkaian ini dapat dipasang dengan mudah pada balok terminal yang berukuran pendek. Komponen aktif nya adalah sebuah transistor, Tr1, yang disebut ''transistor-efek-medan'', berjenis CMOS. Perlu di catat bahwa rangkaian ini memiliki tiga terminal dengan label drain, source, dan gate. Rangkaian ini akan bekerja dengan berbagi jenis efek medan CMOS. Setelah rangkaian ini tersambung, cobalah untuk menyisir rambut dalam jarak dekat dan lihat perubahan intensitas pada Diode pemancar cahaya,LED1, saat sisir bermuatan didekatkan pada rangkaian. Rangkaian ini berguna untku mendeteksi adanya hantu kerena aktivitas fisik dikatakan berhubungan dengan muatan dalam kelistrikan atmosferik. Selamat berburu!

wassalammualaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar