semua istilah dan pengertian di dalam dunia komputer,lengkap!



1.Beep: merupakan suatu pesan yg disampaikan oleh bios/PC untuk menunjukkan suatu kesalahan  pada hardware pc.
2.BIOS : Basic Input Output system . Software yang dipasang pada  chip komputer untuk mengatur operasi dasar seperti layar, harddisk, memory, VGA, dll.
3.Cache Memory : Memori berkecepatan tinggi yang mampu bekerjasama dengan CPU, bertindak sebagai buffer antara CPU dan memori utama yang lamban.
4.Casing : Casing. Kotak tempat mesin komputer (motherboard dan pendukungnya, power    supply, disk drive, hardisk, CD ROMxdrive).
 5.POST : Power on Self-Test yaitu test yang dilakukan oleh PC untuk mengecek fungsi-fungsi komponen pendukung PC untuk bekerja dengan baik.
6.VRAM : Video Random Access Memory (Video RAM) Tipe spesial dari DRAM yang memungkinkan akses direct high speed  memory melalui sirkuit video.
7.DRAM : Dynamic RAM. Memori PC yang dapat dibaca dan ditulisi.Untuk menyimpan data dalam memori, isinya perlu di refresh secara periodik.
8.DMA : Direct Memory Access. Akses memori secara langsung.Chip yang berfungsi untuk mengendalikan proses pengaksesan memori secara langsung
9.EGA : Enhanced Graphics Adaptor. Salah satu standard resolusi monitor.
          10. Drive : Pintu, penggerak disk.
 11.Head : Kepala, ujung perekam, bagian dari drive atau disk yang berfungsi untuk membaca atau menulis.
12.LSB : Least Significan Bits. Unit terkecil dari informasi dalam suatu bilangan biner.
13.MPU : Micro Processor Unit. Sama dengan CPU.
14. Paterrn : Kelompok data dalam satu kesatuan pada memory RAM,umumnya 1 byte = 8..bit.
15. Peripheral : Peralatan. Spesifikasi peralatan pendukung yang dibutuhkan oleh sebuah PC agar dapat bekerja secara xiv optimal.
16. PIC : Programmable Interupt Controller. Kendali sela terprogram. Chip yang berfungsi untuk mengendalikan proses penyelaan antar periferal. Alat pengendali sela periferal yang membantu kerja CPU dalam proses penyelaan.
17. Power Supply : Suatu rangkaian elektronik yang  berfungsi sebagai pencatu daya/pemberi sumber tegangan/arus pada peralatan.
18. Motherboard : Papan rangkaian komputer tempat semua komponen elektronik komputer terangkai.
19. Keyboard : Papan kunci, papan ketik.
20.Hard disk : Media penyimpan  data berkapasitas besar.
21. Disk : Suatu media penyimpanan data. Yang dimaksud dengan disk adalah floppy disk atau hard disk. Sedangkan floppy disk adalah disket.
22. CRT : Catoda Ray Tube Teknologi yang dipakai untuk membuat sistem tampilan/monitor komputer menggunakan tabung sinar katoda.
23. CPU : Central Processing Unit. Unit pemroses utama dalam istilah teknik disebut mikroprosesor,sedang dalam pengertian umum adalah mesin komputer yaitu casing beserta semua isi didalamnya.
24. CGA :Color Graphics Adaptor. Salah satu tipe monitor, yaitu standar Ibm untuk kualitas monitor resolusi rendah, dalam mode grafik hanya dapat menampilkan 4 warna.
25. Clock : Jam/pewaktu. Rangkaian pembangkit frekuensi. Sumber utama dari pulsa elektronik komputer. Clock digunakan untuk menyamakan operasi semua elemen komputer.
26.  CMOS : Compelementary Metal Oxide Semiconductor. RAM kecil berukuran 64 byte yang menyimpan setting BIOS saat komputer sedang dimatikan.
27. CD ROM Drive :Alat pemutar CD ROM. Suatu drive untuk merekam atau memainkan Compact Disk, yang sering dijumpai adalah CD-ROM (CD Read Only Memory) MO (Magneto-Optical),dan WORM (Write Once Read Many).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar